Kamis, 01 September 2011

RPP MATEMATIKA KELAS XII SMK (2)


RENCANA PELAKSANAAN PEMELAJARAN
(RPP – 2 )

             I.      Nama Sekolah           : SMK PGRI 1 MEJOBO KUDUS
          II.      Mata Pelajaran          : Matematika
       III.      Kelas/Semester          : XII / 5
       IV.      Pertemuan ke                        : 3,4,5
          V.      Alokasi Waktu           : 8 X 45 menit

       VI.                                                                                                              Standar Kompetensi         : Menerapkan aturan konsep statistika dalam   pemecahan masalah

    VII.                                                                                      Kompetensi Dasar : Menyajikan data dalam bentuk tabel dan diagram

 VIII.      Indikator
1. Dapat menyajikan data dalam bentuk tabel
          2. Dapat menyajikan data dalam bentuk diagram

       IX.      Tujuan Pemelajaran
Pertemuan ke 1
Setelah mengikuti proses pembelajaran diharapkan siswa dapat :
-            Menjelaskan jenis-jenis tabel
Pertemuan ke 2
-          Menjelaskan macam-macam diagram (batang, lingkaran, garis, gambar), 
                histogram,  poligon frekuensi, kurva ogive
Pertemuan ke 3
-          Mengumpulkan dan mengolah data serta menyajikannya dalam bentuk
                tabel dan diagram

          X.       Materi Ajar
                             Meliputi :   - Data dalam bentuk tabel
                                                - Data dalam bentuk diagram
       XI.      Metode Pembelajaran
1.         Ceramah
2.         Diskusi
3.         Penugasan
4.         Jigshow
    XII.      Langkah-langkah Pembelajaran
      
1.        Pertemuan ke – 1 ( 2 x 45 menit )
a.      Kegiatan Awal ( 10 menit )
1). Apersepsi            : Guru mengingatkan kembali dengan bertanya kepada siswa tentang ada
  macam – macam data yang ada disekitar kita sebutkan
2). Motivasi              : Siswa yang dapat mennemukan beberapa data dengan cepat   dan tepat
  diberi hadiah nilai (+) sebagai tabungan nilai.
b.      Kegiatan inti ( 70 menit )
Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi
1). Setelah siswa dapat menemukan data, bersama guru mengamati ciri– ciri data untuk kemudian diklasifikasikan / dikelompok – kelompokkan
2).  Guru mengawasi dan membimbing.
Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi :
1).  Guru dan siswa menuangkan dalam tabel distribusi frekuensi
2).  Guru membahas pengertian Tabel dan diagram
Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi :
1).  Guru menyampaikan beberapa jenis tabel dan diagram
2).  Guru memberikan umpan balik kepada siswa agar siswa memberikan contoh lain
3)   Guru sebagai nara sumber dan fasilitator dalam menjawab pertanyaan siswa yang mendapat kesulitan.        
Uraian Materi kegiatan
Uraian Materi kegiatan
Menyajikan data dalam bentuk tabel
     Data yang sudah diperoleh disusun dan disajikan dalam susunan baris dan kolom sehingga akan tampak lebih jelas dan cepat dibaca  daripada disajikan dengan kalimat biasa.

     Penyajian data dalam bentuk daftar/tabel dapat dibuat dalam bentuk :

 a. Daftar baris kolom
Contoh : HASIL EBTA SMK PGRI I Kudus Tahun 2002
JURUSAN
LULUS
TIDAK LULUS
JUMLAH
Akuntansi
Adm. Perkant
Pemasaran
45
48
50
5
2
0
50
50
50
   
b. Daftar distribusi frekuensi
        (i) Daftar distribusi frekuensi tunggal
             adalah bentuk daftar pengelompokkan frekuensi berdasarkan nilai data yang sama.

Contoh : DAFTAR NILAI ULANGAN MATEMATIKA
NILAI
FREKUENSI
50
60
70
80
90
6
8
14
6
6
JUMLAH
40
   
        (ii) Daftar distribusi frekuensi berkelompok
              adalah daftar distribusi frekuensi yang pengelompokan nilai datanya dibuat dalam bentuk interval.


Contoh : DAFTAR BERAT BADAN 50 SISWA SMK PGRI 1 KUDUS(dalam kg)

BERAT BADAN
BANYAK SISWA
35 – 39
40 – 44
45 – 49
50 – 54
55 – 59
60 – 64
4
5
9
15
12
5
 JUMLAH
50

Dari daftar distribusi diatas kita kenal istilah :

(1) Kelas (k) :
      Data diatas terbagi menjadi 6 kelas
      kelas ke-1 : 35-39
      kelas ke-2 : 40-44   dst.
(2) Frekuensi (f)
      Banyak data kelas ke-1  (f1) = 4
      Banyak data kelas ke-2  (f2) = 5   ;   dst.
(3) Jumlah data (n = ∑fi )
      n = ∑fi  = f1+f2+f3+f4+f5+f6 = 50
(4) Batas kelas : Terdiri dari batas bawah (Bb) dan batas atas (Ba)
      Untuk kelas ke-1  : Bb = 35, Ba = 39
      Untuk kelas ke-2  : Bb = 40, Ba = 44  ; dst.
(5) Tepi kelas (limit kelas) : Terdiri dari tepi bawah dan tepi atas
      Tb = Bb kelas itu + Ba kelas sebelumnya
                                        2
      Ta =  Ba kelas itu + Bb kelas sesudahnya
                                        2
Atau    Tb = Bb – 0,5
            Ta = Ba + 0,5
Contoh : Untuk kelas ke-3            Tb = 45+44  = 44,5     ; Ta = 49+50  = 49,5
2                                                                          2
               Atau  Tb = 45-0,5 = 44,5   ;   Ta = 49+0,5 = 49,5
(6) Titik tengah (xi)
       xi  =  Bb + Ba
                     2
      Titik tengah kelas ke-1 = 35+39  = 37
                                                   2
(7) Panjang kelas /interval kelas ( p )
      Adalah selisih antara tepi atas kelas dan tepi bawah kelas
      P = Ta – Tb   atau     p = Bb kelas sesudah – Bb kelas itu
      Contoh : panjang kelas kelas ke-4 = 54,5 – 49,5 = 5

c.       Kegiatan Akhir ( 10 menit )
·      Guru bersama siswa membuat rangkuman dan kesimpulan pelajaran.
·      Melakukan penilaian terhadap kegiatan yang sudah dilaksanakan secara konsisten dan terprogram.
·      Memberikan umpan balik terhadap proses dan hasil pembelajaran.
·      Menugasi siswa untuk mempelajari materi selanjutnya.


2.        Pertemuan ke – 2 ( 3 x 45 menit )
a.         Kegiatan Awal ( 10 menit )
·      Guru menyiapkan siswa secara fisik dan mental untuk siap mengikuti pelajaran.
·      Guru memberikan motivasi dan berusaha membangkitkan siswa untuk belajar.
·      Guru memberikan beberapa pertanyaan yang berkaitaan dengan pelajaran yang lalu dengan materi yang akan dipelajari.
b.        Kegiatan inti ( 110 menit )
Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi
1). Guru memfasilitasi siswa agar terjadi interaksi antar siswa, siswa dan guru dengan menggunakan buku sumber yang ada di lingkungan serta menugasi semua siswa untuk mempelajari materi tentang macam – macam diagram beserta contoh – contohnya.
2).  Guru mengawasi dan membimbing.
Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi :
1).  Guru memfasilitasi siswa dengn berdiskusi kelompok untuk nenunculkan pendapat atdan sisau gagasan baru yang berkaitan dengan diagram secara tertulis maupun lisan.
2).  Guru memberikan kesempatan untuk berfikir, menganalisis, menyelesaikan masalah dan mengutarakan pendapatnya tanpa rasa takut dalam kegiatan berdiskusi kelompok.
Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi :
1).  Guru menyampaikan beberapa jenis tabel dan diagram
2).  Guru memberikan umpan balik kepada siswa agar siswa memberikan contoh lain
3)   Guru sebagai nara sumber dan fasilitator dalam menjawab pertanyaan siswa yang mendapat kesulitan.        


Uraian Materi kegiatan
Data Dalam Bentuk  Grafik
              Maksud dan tujuan menyajikan data statistik dalam bentuk diagram maupun grafik adalah agar mudah memberikan informasi secara visual, serta diagram atau grafik sangat efektif untuk menyebarkan informasi baik melalui media surat kabar, majalah, maupun laporan-laporan statistik.

1) Diagram Lambang / Piktogram
Contoh:
Hasil panenan apel dari Kabupaten Malang selama 3 tahun tampak pada tabel berikut :
Tahun
Hasil
2005
2006
2007
300 ton
400 ton
325 ton

Hasil di atas dapat digambarkan dalam pictogram sebagai berikut :

                      Hasil Apel Kabupaten Malang
Selama 3 Tahun
Tahun
Hasil
2005
2006
2007
""""""
""""""""
""""""#

" = 50 ton  

2) Diagram Batang
Contoh:
Banyaknya lulusan SMK X selama 5 tahun berturut-turut :
2002    :  80 siswa
2003    :  80 siswa
2004    :  100 siswa
2005    :  90 siswa
2006    :  120 siswa


Keterangan di atas dapat disajikan dalam diagram batang sebagai berikut
Byk siswa
 
Tahun
 
3) Diagram Garis
Diagram garis untuk menggambarkan dat kontinu / berkesinambungan.
Contoh:
Pada penelitian mengukur pertumbuhan batang kecambah, seorang siswa mencatat hasilnya sebagai berikut :

Umur (hari)
0
1
2
3
4
5
6
Panjang (cm)
0
2
4,5
6
8
11,5
14







Diagram garis data di atas sebagai berikut :


 


         14-
P
a
n
j
a
n
g

(cm)

 
         13-
         12-
         11-
         10-
          9 -
          8 -
          7 -
          6 -
          5 -
          4 -
          3 -
          2 -        .
          1 -
                      ,           ,           ,           ,           ,           ,
          0          1          2          3          4          5          6          umur(hari)   

4) Diagram Lingkaran
Contoh:
Kegiatan seorang anak selama 24 jam sebagai berikut :
Kegiatan
Lamanya (jam)
Membantu orang tua
Bermain
Belajar
Tidur
Dan lain-lain
2
4
8
8
2

Diagram lingkaran dari data di atas sebagai berikut :
          Kegiatan Selama 24 Jam
5) Histogram dan Poligon Frekuensi
    Histogram digunakan untuk menyajikan keterangan-keterangan yang sebelumnya disajikan dengan distribusi frekuensi (baik tunggal maupun bergolong).







    Contoh:
    Keluarnya mata dadu dalam 22 kali lemparan.
       F

     
    6
    5
    4
    3
    2
    1

           1       2      3      4      5      6        mata dadu

Poligon frekuensi adalah apabila pada titik-titik tengah dari Histgram dihubungkan dengan garis dan batang-batangnya dihapuskan.
Contoh:
       F


 

    10
    
     8

     6
 
     4
 
     2
  


 

           4       7    10     13    16     19   22        nilai

6) Ogive
Grafik ogive dibuat dari daftar sebaran “Fk <” dan “Fk >”.

Contoh:
Berat badan 50 siswa (dalam kg)
Berat
Frekuensi
40 – 44
45 – 49
50 – 54
55 – 59
60 – 64
65 - 69
4
6
10
20
7
3

Untuk membuat ogive dari data di atas, diperlukan bantuan sebagai berikut:
Berat(tb)
Fk <
Fk >
39,5
44,5
49,5
54,5
59,5
64,5
69,5
0
4
10
20
40
47
50
50
46
40
30
10
3
0



Grafiknya sebagai berikut :

   F
 

50-                                                                                        Fk <   







 

    -                                                                                     

40-

    -

30-

    -

20-
 

    -

10-
                                                                             Fk >
    -














 

                      ,           ,           ,           ,           ,           ,           ,              Berat badan
0


3.      Kegiatan Akhir ( 15 menit )
·      Guru bersama siswa membuat rangkuman dan kesimpulan pelajaran.
·      Melakukan penilaian terhadap kegiatan yang sudah dilaksanakan secara konsisten dan terprogram.
·      Memberikan umpan balik terhadap proses dan hasil pembelajaran.
·      Menugasi siswa untuk mempelajari materi selanjutnya.
3. Pertemuan ke – 3 ( 3 x 45 menit )
a.         Kegiatan Awal ( 15 menit )
·      Guru menyiapkan siswa secara fisik dan mental untuk siap mengikuti pelajaran.
·      Guru memberikan motivasi dan berusaha membangkitkan siswa untuk belajar.
·      Guru memberikan beberapa pertanyaan yang berkaitaan dengan pelajaran yang lalu dengan materi yang akan dipelajari.
b.        Kegiatan inti ( 105 menit )
Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi
1). Guru memfasilitasi siswa agar terjadi interaksi antar siswa, siswa dan guru dengan menggunakan buku sumber yang ada di lingkungan serta menugasi semua siswa untuk mempelajari materi tentang macam – macam diagram beserta contoh – contohnya.
2).  Guru mengawasi dan membimbing.
Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi :
1).  Guru memfasilitasi siswa dengn berdiskusi kelompok untuk nenunculkan pendapat atdan sisau gagasan baru yang berkaitan dengan diagram secara tertulis maupun lisan.
2).  Guru memberikan kesempatan untuk berfikir, menganalisis, menyelesaikan masalah dan mengutarakan pendapatnya tanpa rasa takut dalam kegiatan berdiskusi kelompok.
Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi :
1).  Guru menyampaikan beberapa jenis tabel dan diagram
2). Guru memberikan umpan balik kepada siswa agar siswa memberikan contoh lain
3)   Guru sebagai nara sumber dan fasilitator dalam menjawab pertanyaan siswa yang mendapat kesulitan.        
Uraian Materi kegiatan
 Menyajikan data dalam bentuk Diagram
     a. Diagram batang : cara menyajikan data yang diagramnya berbentuk persegi             panjang tegak ataupun persegi panjang mendatar ayng lebarnya sama.Skala pada sumbu tegak dan datar tidak perlu sama.
Contoh : BANYAK SISWA TAHUN 1990


 

       1500  -

       1000  -
         750  -
         500  -


                     SD      SMP    SMK    SMU
      b. Diagram garis : Cara menyajikan data dengan menggunakan garis yng diperoleh dengan menghubungkan pasangan bilangan yang didpat dari data.

Contoh : Jumlah siswa yang absen selama 1 minggu
              F
               5-                          .
               4-                                          .
               3-                                   .                        
               2-                   .
               1-        .                                              .                          
                          sn       sl     rb     km     jm      sb                    .        
                                                                                hari


      c. Diagram lingkaran : lingkaran dibagi dalam juring-juring lingkaran. Luas masing
          masing juring sesuai dengan sudut pusat lingkaran.
Contoh : Hasil penjualan suatu toko besi tahun 1986 selama 3 bulan


 

Jenis barang
Banyaknya
   Semen
Tegel
Besi
Lain-lain
25%
15%
20%
40%
Besar sudut untuk semen ; 25% x 3600 = 900
                                        Tegel : 15% x 3600 = 540
                               Besi  : 20% x 3600 = 720
                            Dan seterusnya
   
 d. Diagram lambang(piktogram) : Digunakan dalam menyajikan data untuk suatu
          perbandingan objek-objek tertentu.
Contoh : Penjualan cat dalam kaleng pada tahun 2001/2002 dalam satuan ton

2001             Flowchart: Magnetic Disk:     220.000                      2002


Flowchart: Magnetic Disk:  150.000
 






      e. Histogram, Poligon frekuensi
          Histogram adalah sekumpulan persegi panjang yang alasnya merupakan panjang kelas dan tingginya merupakan frekuensi masing-masing kelas.
          Poligon frekuensi digambarkan dengan garis yang ditarik dari titik tengah ujung batang histogram.

Contoh : Nilai tes matematika kelas 3 listrik SMK N 1 ADIWERNA tahun 2004/2005
              
               f
                              Histogram
             20-
             15-
             10-                                           poligon frekuensi
              5 -


 

                        64,5    69,5  74,5  79,5  84,5   89,5                    nilai


c.         Kegiatan Akhir ( 15 menit )
·      Guru bersama siswa membuat rangkuman dan kesimpulan pelajaran.
·      Melakukan penilaian terhadap kegiatan yang sudah dilaksanakan secara konsisten dan terprogram.
·      Memberikan umpan balik terhadap proses dan hasil pembelajaran.
·      Menugasi siswa untuk mempelajari materi selanjutnya.
V.      Alat/Bahan/Sumber Belajar/Media Pembelajaran
-     Modul statistika
-     Buku Matematika SMK, Kelas XII Bab 2 Saka Mitra Kompetensi.


VI. Penilaian
            1. Kuis
            2. Pengamatan
            3. Tes Tertulis
            4. Penugasan



Mengetahui                                                            Kudus    Juli 2011
Kepala Sekolah                                                      Guru Mata Pelajaran




      H. SRI UTOMO,SH                                            DANIEL YUSIANTO,S.Pd
                                                                                    NIY     : 1231 / C / 014


                                                                                                 











1 komentar:

  1. Best Ways to Get From Slots to Barcrest Casino - KTNV
    Try 안산 출장안마 your hand 용인 출장안마 at our barcrest casino floor and win 대전광역 출장안마 real money playing your 시흥 출장샵 favorite slot machine 익산 출장안마 games. No other casino in Las Vegas is

    BalasHapus