RENCANA PELAKSANAAN PEMELAJARAN
(RPP
– 2 )
I.
Nama Sekolah : SMK PGRI 1 MEJOBO KUDUS
II.
Mata Pelajaran : Matematika
III.
Kelas/Semester : XII / 5
IV.
Pertemuan ke : 3,4,5
V.
Alokasi Waktu : 8 X 45 menit
VI.
Standar Kompetensi : Menerapkan aturan
konsep statistika dalam pemecahan
masalah
VII.
Kompetensi Dasar : Menyajikan data dalam bentuk tabel dan diagram
VIII.
Indikator
1. Dapat menyajikan data
dalam bentuk tabel
2. Dapat menyajikan data dalam bentuk diagram
IX.
Tujuan
Pemelajaran
Pertemuan ke 1
Setelah mengikuti proses pembelajaran
diharapkan siswa dapat :
-
Menjelaskan jenis-jenis tabel
Pertemuan ke 2
-
Menjelaskan macam-macam diagram (batang, lingkaran, garis, gambar),
histogram,
poligon frekuensi, kurva ogive
Pertemuan ke 3
-
Mengumpulkan dan mengolah data serta menyajikannya dalam bentuk
tabel dan diagram
X.
Materi Ajar
Meliputi : - Data dalam bentuk tabel
- Data dalam bentuk
diagram
XI.
Metode Pembelajaran
1.
Ceramah
2.
Diskusi
3.
Penugasan
4.
Jigshow
XII.
Langkah-langkah Pembelajaran
1.
Pertemuan ke – 1 ( 2 x
45 menit )
a.
Kegiatan Awal ( 10 menit
)
1). Apersepsi : Guru mengingatkan kembali dengan bertanya kepada siswa
tentang ada
macam – macam data yang ada disekitar kita sebutkan
macam – macam data yang ada disekitar kita sebutkan
2). Motivasi : Siswa yang dapat mennemukan beberapa data dengan
cepat dan tepat
diberi hadiah nilai (+) sebagai tabungan nilai.
diberi hadiah nilai (+) sebagai tabungan nilai.
b.
Kegiatan inti ( 70 menit
)
Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi
1). Setelah siswa dapat menemukan data,
bersama guru mengamati ciri– ciri data untuk kemudian diklasifikasikan /
dikelompok – kelompokkan
2).
Guru mengawasi dan membimbing.
Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi :
1). Guru
dan siswa menuangkan dalam tabel distribusi frekuensi
2). Guru
membahas pengertian Tabel dan diagram
Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi :
1).
Guru menyampaikan beberapa jenis tabel dan diagram
2). Guru memberikan umpan balik kepada siswa agar
siswa memberikan contoh lain
3) Guru sebagai nara sumber
dan fasilitator dalam menjawab pertanyaan siswa yang mendapat kesulitan.
Uraian Materi kegiatan
Uraian Materi kegiatan
Menyajikan data dalam bentuk tabel
Data
yang sudah diperoleh disusun dan disajikan dalam susunan baris dan kolom
sehingga akan tampak lebih jelas dan cepat dibaca daripada disajikan dengan kalimat biasa.
Penyajian data dalam bentuk daftar/tabel dapat dibuat dalam bentuk :
a. Daftar baris kolom
Contoh : HASIL EBTA SMK PGRI I Kudus Tahun 2002
JURUSAN
|
LULUS
|
TIDAK LULUS
|
JUMLAH
|
Akuntansi
Adm. Perkant
Pemasaran
|
45
48
50
|
5
2
0
|
50
50
50
|
b. Daftar
distribusi frekuensi
(i) Daftar distribusi frekuensi tunggal
adalah bentuk daftar pengelompokkan frekuensi berdasarkan nilai data yang sama.
Contoh : DAFTAR
NILAI ULANGAN MATEMATIKA
NILAI
|
FREKUENSI
|
50
60
70
80
90
|
6
8
14
6
6
|
JUMLAH
|
40
|
(ii) Daftar distribusi frekuensi
berkelompok
adalah daftar distribusi frekuensi
yang pengelompokan nilai datanya dibuat dalam bentuk interval.
Contoh : DAFTAR
BERAT BADAN 50 SISWA SMK PGRI 1 KUDUS(dalam kg)
BERAT BADAN
|
BANYAK SISWA
|
35 – 39
40 – 44
45 – 49
50 – 54
55 – 59
60 – 64
|
4
5
9
15
12
5
|
JUMLAH
|
50
|
Dari daftar distribusi diatas kita kenal istilah :
(1) Kelas (k) :
Data
diatas terbagi menjadi 6 kelas
kelas
ke-1 : 35-39
kelas
ke-2 : 40-44 dst.
(2) Frekuensi (f)
Banyak
data kelas ke-1 (f1) = 4
Banyak
data kelas ke-2 (f2) = 5 ;
dst.
(3) Jumlah data (n
= ∑fi )
n = ∑fi = f1+f2+f3+f4+f5+f6
= 50
(4) Batas kelas :
Terdiri dari batas bawah (Bb) dan batas atas (Ba)
Untuk
kelas ke-1 : Bb = 35, Ba = 39
Untuk
kelas ke-2 : Bb = 40, Ba = 44 ; dst.
(5) Tepi kelas
(limit kelas) : Terdiri dari tepi bawah dan tepi atas
Tb = Bb kelas itu + Ba kelas
sebelumnya
2
Ta =
Ba kelas itu + Bb kelas sesudahnya
2
Atau Tb =
Bb – 0,5
Ta = Ba + 0,5
Contoh : Untuk kelas ke-3 Tb = 45+44 = 44,5
; Ta = 49+50 = 49,5
2
2
Atau Tb = 45-0,5 = 44,5 ; Ta
= 49+0,5 = 49,5
(6) Titik tengah (xi)
xi =
Bb + Ba
2
Titik
tengah kelas ke-1 = 35+39 = 37
2
(7) Panjang kelas
/interval kelas ( p )
Adalah
selisih antara tepi atas kelas dan tepi bawah kelas
P = Ta
– Tb atau p = Bb kelas sesudah – Bb kelas itu
Contoh
: panjang kelas kelas ke-4 = 54,5 – 49,5 = 5
c.
Kegiatan Akhir ( 10
menit )
·
Guru bersama siswa membuat rangkuman
dan kesimpulan pelajaran.
·
Melakukan penilaian terhadap
kegiatan yang sudah dilaksanakan secara konsisten dan terprogram.
·
Memberikan umpan balik terhadap
proses dan hasil pembelajaran.
·
Menugasi siswa untuk
mempelajari materi selanjutnya.
2.
Pertemuan ke – 2 ( 3 x 45 menit )
a.
Kegiatan Awal ( 10 menit
)
·
Guru menyiapkan siswa secara
fisik dan mental untuk siap mengikuti pelajaran.
·
Guru memberikan motivasi dan
berusaha membangkitkan siswa untuk belajar.
·
Guru memberikan beberapa
pertanyaan yang berkaitaan dengan pelajaran yang lalu dengan materi yang akan
dipelajari.
b.
Kegiatan inti ( 110
menit )
Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi
1). Guru memfasilitasi siswa agar
terjadi interaksi antar siswa, siswa dan guru dengan menggunakan buku sumber
yang ada di lingkungan serta menugasi semua siswa untuk mempelajari materi
tentang macam – macam diagram beserta contoh – contohnya.
2).
Guru mengawasi dan membimbing.
Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi :
1). Guru
memfasilitasi siswa dengn berdiskusi kelompok untuk nenunculkan pendapat atdan
sisau gagasan baru yang berkaitan dengan diagram secara tertulis maupun lisan.
2). Guru
memberikan kesempatan untuk berfikir, menganalisis, menyelesaikan masalah dan
mengutarakan pendapatnya tanpa rasa takut dalam kegiatan berdiskusi kelompok.
Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi :
1).
Guru menyampaikan beberapa jenis tabel dan diagram
2). Guru memberikan umpan balik kepada siswa agar
siswa memberikan contoh lain
3) Guru sebagai nara sumber
dan fasilitator dalam menjawab pertanyaan siswa yang mendapat kesulitan.
Uraian Materi kegiatan
Data Dalam
Bentuk Grafik
Maksud dan tujuan
menyajikan data statistik dalam bentuk diagram maupun grafik adalah agar mudah
memberikan informasi secara visual, serta diagram atau grafik sangat efektif
untuk menyebarkan informasi baik melalui media surat kabar, majalah, maupun
laporan-laporan statistik.
1) Diagram Lambang / Piktogram
Contoh:
Hasil panenan
apel dari Kabupaten Malang selama 3 tahun tampak pada tabel berikut :
Tahun
|
Hasil
|
2005
2006
2007
|
300
ton
400
ton
325
ton
|
Hasil di atas
dapat digambarkan dalam pictogram sebagai berikut :
Hasil
Apel Kabupaten Malang
Selama 3 Tahun
Tahun
|
Hasil
|
2005
2006
2007
|
""""""
""""""""
""""""#
|
|
" = 50 ton
|
2) Diagram
Batang
Contoh:
Banyaknya
lulusan SMK X selama 5 tahun berturut-turut :
2002
: 80 siswa
2003
: 80 siswa
2004
: 100 siswa
2005
: 90 siswa
2006
: 120 siswa
Keterangan di
atas dapat disajikan dalam diagram batang sebagai berikut
|
|
3) Diagram
Garis
Diagram garis
untuk menggambarkan dat kontinu / berkesinambungan.
Contoh:
Pada penelitian
mengukur pertumbuhan batang kecambah, seorang siswa mencatat hasilnya sebagai
berikut :
Umur (hari)
|
0
|
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
6
|
Panjang (cm)
|
0
|
2
|
4,5
|
6
|
8
|
11,5
|
14
|
Diagram garis
data di atas sebagai berikut :
14-
|
12-
11-
10-
9 -
8 -
7 -
6 -
5 -
4 -
3 -
2 - .
1 -
, , , , , ,
0
1 2 3 4 5 6 umur(hari)
4) Diagram
Lingkaran
Contoh:
Kegiatan seorang
anak selama 24 jam sebagai berikut :
Kegiatan
|
Lamanya (jam)
|
Membantu orang tua
Bermain
Belajar
Tidur
Dan lain-lain
|
2
4
8
8
2
|
Diagram
lingkaran dari data di atas sebagai berikut :
Kegiatan Selama 24 Jam
5) Histogram dan Poligon Frekuensi
Histogram digunakan untuk menyajikan keterangan-keterangan yang
sebelumnya disajikan dengan distribusi frekuensi (baik tunggal maupun
bergolong).
Contoh:
Keluarnya mata dadu dalam
22 kali lemparan.
F
6
5
4
3
2
1
1
2 3 4
5 6 mata dadu
Poligon frekuensi adalah apabila pada titik-titik tengah dari
Histgram dihubungkan dengan garis dan batang-batangnya dihapuskan.
Contoh:
F
10
8
6
4
2
4 7 10
13 16 19
22 nilai
6) Ogive
Grafik ogive
dibuat dari daftar sebaran “Fk <” dan “Fk >”.
Contoh:
Berat badan 50
siswa (dalam kg)
Berat
|
Frekuensi
|
40 – 44
45 – 49
50 – 54
55 – 59
60 – 64
65 - 69
|
4
6
10
20
7
3
|
Untuk membuat
ogive dari data di atas, diperlukan bantuan sebagai berikut:
Berat(tb)
|
Fk <
|
Fk >
|
39,5
44,5
49,5
54,5
59,5
64,5
69,5
|
0
4
10
20
40
47
50
|
50
46
40
30
10
3
0
|
Grafiknya
sebagai berikut :
F
50-
Fk <
-
40-
-
30-
-
20-
-
10-
Fk >
-
, , , , , , , Berat badan
0
3.
Kegiatan Akhir ( 15
menit )
·
Guru bersama siswa membuat
rangkuman dan kesimpulan pelajaran.
·
Melakukan penilaian terhadap
kegiatan yang sudah dilaksanakan secara konsisten dan terprogram.
·
Memberikan umpan balik terhadap
proses dan hasil pembelajaran.
·
Menugasi siswa untuk
mempelajari materi selanjutnya.
3. Pertemuan ke – 3 ( 3 x 45 menit )
a.
Kegiatan Awal ( 15 menit
)
·
Guru menyiapkan siswa secara
fisik dan mental untuk siap mengikuti pelajaran.
·
Guru memberikan motivasi dan
berusaha membangkitkan siswa untuk belajar.
·
Guru memberikan beberapa
pertanyaan yang berkaitaan dengan pelajaran yang lalu dengan materi yang akan
dipelajari.
b.
Kegiatan inti ( 105
menit )
Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi
1). Guru memfasilitasi siswa agar
terjadi interaksi antar siswa, siswa dan guru dengan menggunakan buku sumber
yang ada di lingkungan serta menugasi semua siswa untuk mempelajari materi
tentang macam – macam diagram beserta contoh – contohnya.
2).
Guru mengawasi dan membimbing.
Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi :
1). Guru
memfasilitasi siswa dengn berdiskusi kelompok untuk nenunculkan pendapat atdan
sisau gagasan baru yang berkaitan dengan diagram secara tertulis maupun lisan.
2). Guru
memberikan kesempatan untuk berfikir, menganalisis, menyelesaikan masalah dan
mengutarakan pendapatnya tanpa rasa takut dalam kegiatan berdiskusi kelompok.
Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi :
1).
Guru menyampaikan beberapa jenis tabel dan diagram
2). Guru memberikan umpan balik kepada siswa agar siswa memberikan
contoh lain
3) Guru sebagai nara sumber
dan fasilitator dalam menjawab pertanyaan siswa yang mendapat kesulitan.
Uraian Materi kegiatan
Menyajikan data dalam bentuk Diagram
a.
Diagram batang : cara menyajikan data yang diagramnya berbentuk persegi panjang tegak ataupun persegi panjang mendatar ayng lebarnya sama.Skala pada sumbu
tegak dan datar tidak perlu sama.
Contoh : BANYAK SISWA TAHUN 1990
1500
-
1000
-
750
-
500
-
SD SMP
SMK SMU
b.
Diagram garis : Cara menyajikan data dengan menggunakan garis yng diperoleh dengan menghubungkan
pasangan bilangan yang didpat dari data.
Contoh
: Jumlah siswa yang absen selama 1 minggu
F
5- .
4- .
3- .
2- .
1- .
.
sn sl
rb km jm
sb .
hari
c. Diagram lingkaran : lingkaran dibagi
dalam juring-juring lingkaran. Luas masing
masing juring sesuai dengan sudut pusat lingkaran.
Contoh : Hasil penjualan suatu toko besi tahun
1986 selama 3 bulan
Jenis barang
|
Banyaknya
|
Semen
Tegel
Besi
Lain-lain
|
25%
15%
20%
40%
|
Besar sudut untuk semen ; 25% x 3600 =
900
Tegel : 15% x 3600 = 540
Besi : 20% x 3600 = 720
Dan seterusnya
d. Diagram lambang(piktogram) : Digunakan
dalam menyajikan data untuk suatu
perbandingan objek-objek tertentu.
Contoh : Penjualan
cat dalam kaleng pada tahun 2001/2002 dalam satuan ton
2001
2002
e. Histogram, Poligon frekuensi
Histogram adalah sekumpulan persegi
panjang yang alasnya merupakan
panjang kelas dan tingginya merupakan frekuensi
masing-masing kelas.
Poligon frekuensi digambarkan dengan
garis yang ditarik dari titik tengah ujung batang histogram.
Contoh : Nilai tes matematika
kelas 3 listrik SMK N 1 ADIWERNA tahun 2004/2005
f
Histogram
20-
15-
10- poligon frekuensi
5 -
64,5 69,5
74,5 79,5 84,5
89,5 nilai
c.
Kegiatan Akhir ( 15
menit )
·
Guru bersama siswa membuat
rangkuman dan kesimpulan pelajaran.
·
Melakukan penilaian terhadap
kegiatan yang sudah dilaksanakan secara konsisten dan terprogram.
·
Memberikan umpan balik terhadap
proses dan hasil pembelajaran.
·
Menugasi siswa untuk
mempelajari materi selanjutnya.
V.
Alat/Bahan/Sumber Belajar/Media Pembelajaran
-
Modul statistika
-
Buku Matematika SMK, Kelas XII Bab 2 Saka Mitra Kompetensi.
VI. Penilaian
1.
Kuis
2.
Pengamatan
3.
Tes Tertulis
4.
Penugasan
Mengetahui Kudus Juli 2011
Kepala Sekolah Guru
Mata Pelajaran
H. SRI UTOMO,SH DANIEL
YUSIANTO,S.Pd
NIY
: 1231 / C / 014
Best Ways to Get From Slots to Barcrest Casino - KTNV
BalasHapusTry 안산 출장안마 your hand 용인 출장안마 at our barcrest casino floor and win 대전광역 출장안마 real money playing your 시흥 출장샵 favorite slot machine 익산 출장안마 games. No other casino in Las Vegas is